Wednesday, December 30, 2015

Resep cara membuat bakwan udang enak dan gurih

Resep cara membuat bakwan udang enak dan gurih merupakan salah satu jenis gorengan yang terbuat dari tepung terigu dan juga dengan irisan sayur-sayuran yang terdiri dari beberapa bahan yaitu taoge, biji jagung manis, irisan kubis, yang kemudian digoreng dalam minyak yang panas. Di daerah Jawa Barat, bakwan populer dengan sebutan "bala-bala", tapi sedangkan di Jepang bakwan populer dengan sebutan yasai tempura atau dalam bahasa indonesianya tempura sayur. sebenarnya ada banyak variasi bahan yang bisa kita gunakan dalam membuat bakwan, ada juga yang menambahkan udang utuh kedalam adonannya yang disebut dengan bakwan udang.

Bakwan udang merupakan makanan yang dapat kita jadikan sebagai lauk atau juga hanya kita jadikan sebagai cemilan saja. Bakwan udang ini pada umumnya terbuat dari bahan campuran antara udang yang sengaja dipadukan dengan tepung terigu dan juga bumbu-bumbu pelengkap yang lainnya sehingga membuat makanan ini lebih enak dan gurih. Bakwan udang bisa kita jumpai dihampir setiap warung makan diberbagai daerah. Memang banyak jenis makanan ini dimana-mana untuk dapat kita nikmati akan tetapi kita mungkin tidak pernah tahu tentang bagaimana dalam prosesnya dan bagaimana cara pembuatannya. pada proses dan cara membuat makanan ini sebetulnya sangat mudah dan dan tidak begitu sulit hanya mencampurkan semua bahannya yang diperlukan dan setelah itu  kita masak dengan cara digoreng sampai matang. Bakwan udang sangat cocok disantap dengan dicocolkan saus sambal atau juga dengan cabe rawit hijau untuk menambah rasa pedas hot makanan yang sangat gurih ini. nah sekarang yuk kita simak bagaimana resep cara membuatnya.

Resep cara membuat bakwan udang enak dan gurih

 Resep Cara Membuat Bakwan Udang Enak Dan Gurih


Bahan-bahan :
  • 200 ml air yang sudah matang.
  • 50 gr kubis (diiris - iris tipis).
  • 250 gr tepung terigu.
  • 1 batang daun bawang (diiris-iris tipis).
  • 75 gr tauge (dibersihkan lalu siangi).
  • 350 gr udang kecil (dibersihkan lalu siangi kulitnya).
  • 50 gr wortel (diiris - iris tipis berbentuk lidi).
  • 2 batang seledri (dicacah kasar).
  • minyak untuk menggoreng.

Bumbu yang dihaluskan :
  • ½ sdt merica butiran.
  • Bumbu penyedap secukupnya.
  • 3 siung bawang putih.
  • garam secukupnya.
  • (Ulek sampai halus semua bahan bumbu yang dihaluskan).

Baca Juga : Resep membuat ayam bakar taliwang

Cara membuat bakwan enak dan gurih :

  1. Langkah pertama yaitu kocok lepas telur ayam dan setelah itu kita aduk bersama dengan bumbu yang kita haluskan tadi. lalu kita siapkan baskom kecil kemudian kita masukkan tepung terigu, air yang sudah matang, serta kocokan telur yang sudah kita diaduk bersama dengan bumbu yang kita haluskan tadi selanjutnya kita aduk lagi adonan sampai merata.
  2. apabila adonan sudah tercampur merata. Kita masukkan sayur-sayuran seperti kubis, tauge, wortel, daun bawang, serta daun seledri lalu kita aduk kembali sampai rata.
  3. Dan selanjutnya kita panaskan minyak goreng kemudian kita masukkan adonan bakwannya kira-kira kurang lebih 2 sdm kedalam minyak goreng lalu kita tambahkan juga 1 ekor udang diatasnya. kita lakukan untuk setiap adonan sampai adonan bakwan dan udang habis. selanjutnya kita goreng adonan sampai matang sempurna dan garing.
  4. Dan yang terakhir kita angkat kemudian bakwan udang siap untuk kita sajikan. tentunya dengan ditemani saus sambal pasti lebih enak.

Demikianlah seputar Resep cara membuat bakwan udang yang dapat kami bagikan untuk anda, semoga bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih dan selamat mencoba.

Artikel Terkait

Resep cara membuat bakwan udang enak dan gurih
4/ 5
Oleh