Tuesday, October 6, 2015

Cara Membuat Kue Lumpur Kentang Enak Dan Lembut

Cara Membuat Kue Lumpur Kentang Enak - Mungkin banyak diantara anda yang sangat menyukai kue ini. karena teksturnya yang lembut dan juga ada taburan kismis diatasnya sehingga membuat rasa dan tampilan menjadi lebih menarik. jajanan yang satu ini menjadi favorit keluarga indonesia. karena jika dilihat dari segi kesehatan jajanan ini tidak mengandung bahan yang berbahaya. sehingga sangat pas dikonsumsi keluarga dirumah. jajanan ini biasanya oleh masyarakat jawa disajikan pada saat acara - acara tertentu. seperti acara nikahan, acara khitanan dan hari - hari besar lainnya.
Berikut adalah Resep Cara Membuat Kue Lumpur Kentang Enak :

Kue Lumpur Kentang

   Cara Membuat Kue Lumpur Kentang Enak Dan Lembut

Bahan :

  • Siapkan 250 gr kentang dan kukus. kemudian haluskan hingga benar-benar halus dan lembut.
  • Siapkan 250 gr gula pasir putih lokal (atau bisa dikurangi untuk yang tidak suka manis).
  • Siapkan 200 gr Tepung terigu yang biasa untuk membuat kue kalau bisa yang kualitasnya bagus, agar  hasilnya bagus.
  • Siapkan 750 ml – 850 ml santan kental dari buah kelapa. Atau bisa diganti dengan santan instan yang banyak di jual di toko.
  • Siapkan 1/4 kg margarin yang sudah dipanaskan sampai cair.
  • Siapkan Tiga butir sampai 5 butir telur ayam (3 butir untuk yang ukuran besar atau 5 butir untuk ukuran kecil).
  • Setengah sendok kecil atau sesuai selera vanila dan garam dapur.
  • Parutan kelapa secukup nya (atau bisa diganti dengan parutan keju atau coklat untuk variasi rasa).
  • Dan jangan lupa siapkan juga kismis secukupnya sebagai taburan ditengah kue lumpur. 

Cara membuat :
 
  1. Ambil satu wadah dengan ukurang yang cukup besar untuk tempat adonan. Masukkan telur yang sudah dipecahkan, 200 gram gula pasir putih dan vanila secukup nya.
  2. Aduk dengan perlahan dan kocok sampai benar benar tercampur dengan sempurna semua bahan bahan di atas.
  3. Masukkan 250 gram kentang yang sudah di kukus di dalah adonan tadi. Aduk lagi sedikit demi sedikit secara perlahan sampai kentang tercampur dengan sempurna dengan adonan di atas. Jangan masukkan kentang secara bersamaan karena hasil jadi nya pasti tidak lembut.
  4. Masukkan garam secukup nya ke dalam adonan kentangkemudian santan sedikit demi sedikit sambil diaduk secara perlahan sampai merata.
  5. Setelah itu masukkan 250 gram margarin cair, aduk kembali dan pastikan semua bahan tercampur dengan sempurna.
  6. Langkah berikut nya siapkan cetakan nya. Biasanya memakai cetakan kue apem atau bisa diganti juga dengan cetakan kue cupcake. Panaskan cetakan kue lumpur kentang nya dan di lamuri atau di olesi dengan sedikit margarin untuk menghindari kue lengket di cetakan.
  7. Masukkan adonan di atas ke dalam cetakan. Jangan terlalu penuh karena kue akan mengembang. Supaya hasil nya sempurna, sebaik nya adonan di saring kembali untuk memastikan tidak ada gumpalan tepung yang belum tercampur dengan sempurna.
  8. Gunakan api kecil dan masak kurang lebih 2 menit. Kemudian masukkan parutan kelapa yang sudah di siapkan di atas atau parutan keju untuk yang mau membuat Resep Kue Lumpur Keju. Jangan lupa kismis kecil tepat ditengah cetakan supaya hasil nya kelihatan lebih cantik.
  9. Masak kembali kue nya sampai kurang lebih 3 menit sampai 4 menit dengan api kecil sampai matang sampai kedalam. Untuk mengecek tingkat kematangan nya bisa menggunakn lidi atau tusuk gigi.
Baca Juga : Resep Cara Membuat Dadar Gulung Enak Dan Nikmat.

sebenarnya membuat kue lumpur sendiri dirumah memang memerlukan waktu yang tidak sedikit. karna itu hari libur adalah waktu yang paling pas untuk membuat kue ini.  nah selamat berkreasi dengan kue buatan anda. Salam Happy cooking.

Artikel Terkait

Cara Membuat Kue Lumpur Kentang Enak Dan Lembut
4/ 5
Oleh